Tuesday, January 13, 2015

Plagiat!?

Tanggal 13 Januari 2015, kemarin, ada seorang pengguna/user youtube yang memberikan kritik/sarannya di kolom komentar dibawah video dari salah satu girlband Indonesia yang dibwh naungan agency korea yang asal mula personil girlband ini dari suatu audisi di Jakarta yang disiarkan secara live oleh salah satu stasiun TV swasta Indonesia. User youtube tersebut menyarankan untuk mengganti arrangement musik dari lagu dangdut ver. remix modern dari girlband tsb krn takut akan nilai negatif dari para fans artis/singer yg asli dan para haters girlband itu sendiri atau org2 luar. nama singer yg asli itu inisialnya "El....".

Saran/masukkan untuk kalian semua, hal yang sangat berharga dan bisa kita pelajari dari user youtube tersebut adalah jangan mudah untuk menilai suatu karya seni yang sama dengan aslinya padahal tidak persis sama, alias remix-an, cover-an, dll semacamnya itu kalian bilang dengan plagiat.
Justru suatu karya yang baru apabila tidak ada orang yang mau me-remix, meng-cover, dan lain-lain semacamnya karya tersbut akan cepat punah, akan semakin tidak dikenal banyak org dari generasi ke generasi. Popularitas karya tersebut semakin menurun begitu pula dengan penyanyi/artistnya juga akan menurun dan menurun popularitasnya. Artist/singer itu juga bingung dengan karirnya apabila ga banyak org suka dengan karya seninya.
Justru karena ada org yg me-remix, meng-cover, dsb itu popularitas sang idola kalian terus naik dan naik dari generasi ke generasi beserta dengan karya2nya juga terus naik popularitasnya. Terus dikenal masyarakat dari generasi ke generasi. Adanya youtube itu juga dapat digunakan sebagai media elektronik yang dapat untuk mengabadikan suatu karya seni agar dapat terus diliat oleh banyak orang di seluruh dunia kapanpun dimanapun. Sama seperti sebuah blog yg saya buat dan orang lain buat sama spt sy, dimana blog tersebut sebagai jurnal pribadinya spt diary elektronik (e-diary). =D
Aku bikin e-diary itu juga ada tujuannya, biar paper less aja, biar go green!!
AYO!! GO GREEN...!! #kampanye #promosi dikit nggapapa yaa.. :p wkwkwkwkwkk...
back to the topic!!~~ Karena ada yang meng-cover, me-remix, followers, fans, dll itulah idola kalian semakin semangat untuk terus berkarya dan memberikan karya2 lainnya yang baru-baru sesuai trends yang sedang giat saat itu.
So, jangan mudah untuk menggunakan kata plagiat dan mengatakannya di industri seni yaaa... :]
Apapun industri seni itu, apapun jenis karya seninya.. ;-)
Kalau boleh sharing sedikit dan jujur, Industri seni itu... Industri yang tersulit dan berat saingan dan berat segalanya. Berat?? Sulit??? Dimanaaa??? -_-"
Iya, sulit dan berat menghadapi orang-orang yang mudah menjudge suatu karya yg sama padahal nggak, cm mirip aja, serupa tp tak sama, dengan kata plagiat spt itu,  blm lagi menghadapi para media dan wartawan, blm lagi menghadapi para haters dan stalkers dimana pun mereka berada, dan masih banyak lagi.
Lebih-lebih, paling sulit adalah bagi mereka yang bekerja di belakang layar menciptakan suatu karya seni yang baru tersebut dengan susah payah dan hasilnya kalian judge dengan plagiat, dan lain-lain.
Mereka yang bekerja dibelakang layar itu seperti, composer musik, arranger musik, pemain musik apapun instrumentnya, choreographer, dll.

Kalau kalian penikmat dan atau senang dgn seni, sampai2 kalian nantinya fallen in love with it~ <3 kalian pasti akan ingin juga untuk ikut terjun ke dalam industri seni tersebut untuk melakukannya dengan kemampuan kalian sendiri, dan kalian ingin menunjukkan potensi yang kalian punya, bersaing dengan potensi orang lain ;-)
Dari situ kalian akan tahu betapa harmornisnya SENI <3 <3 <3 <3 <3 <3 <3

Berikut gue sisipin link artikel dari blogger/youtuber kevinanggara yg menurut gue, artikel ini perlu dibaca banyak orang. Berikut link artikelnya, baca yaa!! >> Belajar Menghargai   <<


~...(Written on Wed, Jan 14th, 2015 @ 01:07)(GMT+7)...~

No comments:

Post a Comment